Thursday 26 June 2014

Tips and Trick Backpackeran ke Sg

Nah kalo kemarin cerita perjalanan saya melarikan diri ke Sg,
Hari ini saya mau berbagi Tips dan Trick untuk backpackeran terutama ke Sg..
*Bahasa halus dari : mengirit di negeri orang, LOL :p

Hal pertama yang mau saya sampaikan adalah, JANGAN PERNAH mengkalkulasikan dollar dengan kurs rupiah jika kita sudah berada di Spore. Biar apa? Tentunya biar kita bisa enjoy dan gak stress donk.. Masa iya sih liburan kita pusing apa2 harus kalkulator dulu? Hehehe.. Maksudnya begini, Sebelum berangkat ke tujuan, banyaklah membaca referensi perjalanan baik dari Blog2 para Backpacker atau lewat artikel2 terkait mengenai info biaya, pengeluaran, penginapan, dan standar biaya hidup di negara tujuan.

Oke, kali ini saya hanya akan membahas perjalanan ke Spore saja ya? Maka saran saya adalah, tentukan uang yang akan anda gunakan/habiskan selama perjalanan anda ke Spore, misalnya kemarin saya hanya membawa SGD $200 dan 1jt rupiah cash untuk berjaga-jaga. Jadi selama berada di Sg ya saya menggunakan dollar sesuai apa yang saya bayar/beli. Saya tidak mengkalkulasikan dengan rupiah krn itu hanya akan membuat kita stress, percayalah! Hihihi...

Penggunaan MRT bisa kita kecilkan biayanya dengan membeli EZlink seharga $12 (yang berisi uang $7, sisanya sebesar $5 adalah harga kartu yang tidak dapat dikembalikan) dan bisa digunakan untuk MRT/Bus/LRT, atau kita bisa membeli Singapore Tourist Pass seharga $20 untuk 3 hari, $16 untuk 2 hari atau $10 untuk 1 hari, dan bebas seharian penuh menggunakannya, dan setelah berakhir kartu STP bisa menjadi EZlink standar yang bisa kita Topup di station MRT maupun Seven Eleven. Atau anda mau merasakan sensasi membeli Single Trip Card di setiap station MRT yang anda tuju? Boleh-boleh saja, tapi jatohnya akan sedikit lebih mahal dibandingkan kita menggunakan EZlink. Jika kemarin saya menggunakan EZlink hanya sekitar $11 dan Single Trip sebesar $9 tentu jika saya menggunakan full EZlink hanya sekitar $15, lumayan kan selisihnya? Bisa untuk beli Nasi Hainan seporsi loh, hahahah...



Dan jangan pernah takut nyasar! Spore itu negara yang memikirkan dan memudahkan rakyatnya, maka dimana-mana tempat akan tersebar Peta Lokasi maupun Peta MRT/LRT System Map juga papan penunjuk yang cukup mudah untuk kita ikuti setiap ingin menuju ke suatu daerah.





Pastikan yang kita harus hafalkan adalah Ujung - ke - Ujung jalur MRT, misal jalur NE (ungu) itu adalah Harbourfront - Punggol, yang didalam jalur tersebut ada beberapa intersection perpindahan platform/jalur yaitu Outram Park (untuk pindah jalur ke jalur Hijau / Pasir Ris - Changi - Joo Koon), lalu ada DhobyGhaut (untuk pindah jalur ke jalur Merah / Jurong East - Marina Bay), dan ada Serangoon untuk pindah jalur Circle Line (jalur kuning). Untuk jalur Hijau adalah Pasir Ris - Changi - Joo Koon dengan beberapa intersection perpindahan platform yaitu Outram Park utk pindah ke Jalur Ungu, dan Jurong East untuk pindah ke jalur Merah, atau kita bisa berhenti di City Hall atau Raffles Place jika ingin berjalan menuju Merlion Park. Perpindahan platform dengan jurusan terbanyak (lebih dari 1 jalur MRT) adalah di DhobyGhaut termasuk perpindahan Circle Line juga. Jadi jangan sampe kebalik yaaa saat pindah platform.. Hehehe...

Oya untuk menuju Merlion Park itu sebenernya ada banyak cara ya, kalo mau gak capek ya berhenti di Esplanade, atau City Hall dan Raffless Place, tapi temen saya ada yang sanggup berjalan dari Little India menyusuri Bugis Street, masuk undermall tembus Esplanade, hahahah..

Untuk yang ingin berlibur ke Sentosa Island (Universal Studio, Siloso Beach atau Palawan) pastikan jangan di musim liburan atau weekend, karena apa? Sangat padat! Orang Spore cenderung hangout atau go downtown saat weekend, bisa dari pagi sampe tengah malam mereka akan berada di luar rumah alias berjalan-jalan.. Dari 4x kunjungan terakhir saya, 3x nya saya pergi di weekend dan musim liburan, it's too crowded! LOL!

Oke, sekarang kita akan bahas tips menginap murah :)
Kemarin saya menginap di G4 Station Backpacker di 11 Mackenzie Road (200m dari exit Little India Station MRT). Rate nya berkisar dari $20-$40-$70 (include breakfast) atau bisa cek di Agoda.com atau BookingOnline utk mendapatkan penawaran harga khusus. Ini penampakan Gedungnya yang "eye-catching" tepat searah pintu keluar Little India :


Penampakan Dorm (room nya) seperti ini :



Internet Corner dan Lobby :



Terakhir saya ke Sg menginap di GreenKiwi Backpacker Hostel di Lavender Street (dekat dengan Lavender Station MRT dan Boon Keng Station MRT), masih seharga $18/night/bed/person. Nah sepanjang jalan dari Aljuned, Kallang, Lavender, Bugis, Clark Quay, Riverside, Little India, Bencoolen, Niven Road, Mackenzie Road, dan sekitarnya itu buaaaaanyak banget hostel dan hotel2 terjangkau. Jadi tak ada salahnya kita browsing2 dulu sebelum menentukan pilihan.

Mungkin sekian dulu ulasan saya mengenai tips perjalanan irit ke Sg, kurang lebihnya harap maklum ya, Hehehe.. Semoga bermanfaat dan bisa jadi panduan untuk temen2 yg pengen backpackeran ke Sg :)

No comments:

Post a Comment